Apa itu Huawei dan Mengapa Menjadi Kontroversial?

Apa itu Huawei dan Mengapa Menjadi Kontroversial?

Huawei yang tumbuh cepat bisa dibilang adalah perusahaan multinasional global pertama di China. Perusahaan yang berbasis di Shenzhen membuat telepon seluler, stasiun pangkalan, dan router cerdas yang memfasilitasi komunikasi di seluruh dunia. Apa itu Huawei dan Mengapa Menjadi Kontroversial?

Tetapi keberhasilannya semakin mengkhawatirkan AS, yang berpendapat merek Huawei pada akhirnya terikat pada partai Komunis China dan memiliki kemampuan untuk terlibat dalam pengawasan rahasia di mana peralatannya digunakan.

Didirikan pada tahun 1987 oleh seorang mantan petugas teknis di Tentara Pembebasan Rakyat, Ren Zhengfei, sekarang mempekerjakan 194.000 orang dan menghasilkan keuntungan sebesar $ 8,9 miliar (£ 7,05 miliar) pada tahun 2019.
Seberapa tertanam Huawei di Inggris?

Perusahaan berhasil menargetkan Inggris sejak dini. Ini telah memasok BT sejak 2003 dan secara bertahap diperluas ke titik di mana ia setuju untuk membuat unit khusus di Banbury, yang dikenal sebagai Cell, di mana agen mata-mata GCHQ dapat meninjau dan memantau kode perangkat lunaknya. Vodafone adalah pelanggan utama lainnya.

Badan intelijen Inggris mengatakan pada bulan Januari bahwa risiko Huawei dapat dikelola selama perusahaan tidak diizinkan untuk memiliki monopoli. Hasilnya, Boris Johnson menyimpulkan pangsa pasar Huawei harus dibatasi pada 35% untuk jaringan 5G berkecepatan tinggi yang akan datang.

Keputusan itu gagal menenangkan Gedung Putih Donald Trump atau sekelompok anggota parlemen pemberontak Tory yang terus berkembang, yang berpendapat bahwa perusahaan China tidak dapat dipercaya. Mereka menuntut pemikiran ulang, dan khususnya agar Huawei ditendang.

Apa yang sedang terjadi di AS dan di tempat lain?

Huawei sejauh ini merupakan pemasok peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dengan perkiraan pangsa pasar 28% pada tahun 2019, di atas Nokia dari Finlandia dan Ericsson dari Swedia. Itu juga pembuat ponsel terbesar kedua pada tahun 2019, setelah Samsung dan di depan Apple.

Tetapi Australia melarang Huawei menggunakan 5G pada 2018, dengan agen mata-mata menyatakan mereka khawatir perusahaan tersebut dapat mematikan jaringan listrik dan bagian lain dari infrastrukturnya dalam krisis diplomatik.

Trump melarang perusahaan AS untuk bekerja dengan Huawei tahun lalu dan telah dengan keras melobi orang lain untuk mengikuti; melampiaskan “kemarahan apoplektik” dalam panggilan telepon ke Boris Johnson setelah Inggris setuju untuk mengizinkan perusahaan China ke dalam 5G.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang Terus Mendukung Huawei

Apa yang terjadi sekarang – mengapa keputusan 35% tidak berhasil?

Anggota parlemen dari Partai Konservatif Pemberontak mendaftarkan perbedaan pendapat mereka ketika 38 dari mereka menolak untuk mendukung pemerintah pada RUU telekomunikasi yang tidak terkait pada bulan Maret. Itu tidak cukup untuk mengalahkan Johnson tetapi mereka mengklaim jumlah mereka telah berkembang menjadi lebih dari 50; cukup untuk mengubah tagihan yang direncanakan untuk membuat undang-undang batas 35%.

Tekanan Gedung Putih yang terus berlanjut menyebabkan pengumuman sanksi baru pada bulan Mei; yang melarang Huawei membeli microchip dari perusahaan Amerika atau menggunakan perangkat lunak yang dirancang AS. Itu memaksa Downing Street untuk meluncurkan tinjauan darurat, seolah-olah untuk melihat apakah larangan AS akan memengaruhi keamanan perangkat Huawei.

Anggota parlemen pemberontak ingin Johnson melarang perangkat Huawei baru mulai akhir tahun ini; dan melangkah lebih jauh dengan merobek semua perangkat yang ada pada akhir tahun 2023. Tetapi BT dan Vodafone telah memperingatkan bahwa hal itu akan merugikan mereka dan berpotensi menjadi konsumen beberapa miliar; dan bahkan dapat menyebabkan pemadaman di mana panggilan tidak dapat lagi dilakukan.

Perusahaan telepon mengatakan akan lebih mudah untuk menghilangkan Huawei pada akhir dekade ini, meskipun melakukan itu akan menjadi kemenangan besar bagi AS karena peralatan yang ada telah dijamin aman untuk digunakan oleh intelijen Inggris.

Sekian artikel ini ditulis yang berjudul “Apa itu Huawei dan Mengapa Menjadi Kontroversial?“.

Tags: