Huawei Mate 30 Pro : Review Kamera

huawei mate 30 pro 5G

Huawei Mate 30 Pro 5G adalah versi berkemampuan 5G dari smartphone andalan terbaru pabrikan China, dan — di atas kertas — dilengkapi dengan perangkat keras kamera yang identik dengan saudara LTE-nya yang telah kami uji. Jadi secara teori, perbedaan apa pun dalam hal kinerja kamera seharusnya disebabkan oleh perubahan perangkat lunak dan penyetelan.

Kamera belakang menggabungkan empat modul individual, termasuk sensor time-of-flight (ToF) untuk pengukuran kedalaman 3D dalam mode bokeh. Kamera sudut lebar utama memiliki sensor 40MP Quad-Bayer dan lensa aperture f / 1.7. Tele-camera menggunakan lensa 3x dengan panjang fokus setara 80mm, dan ada juga kamera ultra-lebar dengan sensor besar 1 / 1,54 and dan aperture f / 1.8 cepat.

Spesifikasi kamera utama:

Pengaturan quad-camera
Utama: Sensor 40MP 1 / 1.7 ″, lensa aperture f / 1.6 setara 27mm, PDAF, OIS
Ultra-lebar: Sensor 40MP 1 / 1,54 ″, lensa aperture f / 1.8 setara 18mm, PDAF
Tele: Sensor 8MP 1/4 ″, lensa aperture f / 2.4 setara 80mm, PDAF, OIS
Kamera sensor kedalaman ToF 3D
Flash LED ganda
Video 4K, 2160p / 60fps (default 2160p / 30fps)

Kinerja Kamera Huawei Mate 30 Pro 5G

Kinerja kamera Huawei Mate 30 Pro 5G meningkat lebih jauh dari varian perangkat non-5G yang sudah luar biasa; dan dengan skor Kamera DXOMARK 123, menempati posisi teratas dalam peringkat kami. Skor Foto meningkat dua poin menjadi 134, menjadikan Huawei Mate 30 Pro 5G perangkat terbaik untuk gambar diam yang telah kami uji hingga saat ini.

Kualitas gambar dan performa kamera secara keseluruhan sangat mirip dengan Mate 30 Pro standar, tetapi ada beberapa peningkatan penting untuk Zoom, Bokeh, dan Malam; ada satu area di mana skornya sedikit menurun, yaitu untuk kamera ultra-lebar.

Penurunan Wide terutama disebabkan oleh algoritma anti-distorsi baru yang mengurangi bidang pandang efektif, yang berarti Mate 30 Pro 5G memiliki salah satu kamera ultra-lebar paling lebar yang pernah kami uji. Selain itu, kamera ultra lebar merekam kualitas gambar yang baik di sebagian besar situasi. Zoom hadir dengan detail yang lebih baik di semua pengaturan dan kinerja fokus otomatis yang lebih stabil. Untuk jarak jauh, itu masih belum cukup setara dengan optik lipat P30 Pro atau dual-tele dari Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition, tetapi secara keseluruhan, Mate 30 Pro 5G adalah salah satu smartphone terbaik untuk zooming. .

Simulasi Bokeh menunjukkan estimasi kedalaman dan detail luar biasa yang sama seperti pada model non-5G, tetapi hadir dengan rentang dinamis yang sedikit ditingkatkan dan kliping sorotan yang terasa lebih sedikit dalam situasi kontras tinggi yang sulit. Mate 30 Pro LTE mencapai skor terbaik untuk Night saat kami mengujinya kembali pada bulan September, dan model 5G semakin meningkat dari itu. Algoritme multi-eksposur baru untuk bidikan flash meningkatkan eksposur dan detail di latar belakang potret flash, dan kualitas gambar sedikit meningkat secara keseluruhan, dengan detail yang lebih baik dan manajemen noise.

Kualitas Gambar Yang Dihasilkan

Selain beberapa perbedaan itu, kinerja kualitas gambar diam 5G cukup identik dengan Mate 30 Pro standar, dengan keseimbangan yang sangat baik antara pelestarian detail dan pengurangan noise, eksposur yang baik hingga cahaya yang sangat redup, dan rentang dinamis yang luas serta warna yang akurat dengan saturasi yang menyenangkan di sebagian besar kondisi.

Mate 30 Pro 5G juga meningkatkan Video dibandingkan dengan model standar; dan skor Video 102 membuatnya menjadi yang terbaik dalam kategori ini. Huawei telah meningkatkan penanganan detail dan noise, keduanya luar biasa, dan meningkatkan autofokus; yang kini terasa lebih baik dalam pelacakan subjek, terutama dalam kondisi cahaya redup. Kami juga mengamati rentang dinamis yang sedikit ditingkatkan, yang sangat bagus untuk perangkat yang tidak menawarkan perekaman HDR. Selain itu, model 5G menawarkan warna menyenangkan yang sama dan stabilisasi efektif seperti model standar; menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk penembak video seluler.

Kesimpulan: Keunggulan dimurnikan

Versi LTE dari Huawei Mate 30 Pro adalah perangkat peringkat teratas untuk Kamera DXOMARK sejak diluncurkan pada September 2019, berkat kinerja luar biasa di semua area pengujian. Itu sekarang telah dicopot oleh Huawei Mate 30 Pro 5G, yang secara mengejutkan memberikan kualitas gambar dan video yang sangat mirip di kebanyakan situasi, tetapi telah disempurnakan di beberapa area utama melalui penyetelan perangkat lunak yang dioptimalkan.

Peningkatan terpenting adalah detail yang sedikit lebih baik dan manajemen kebisingan serta fokus otomatis yang lebih stabil saat menggunakan zoom; hasil umumnya sedikit lebih baik saat memotret dalam cahaya yang sangat redup; dan rentang dinamis yang lebih luas saat menggunakan mode bokeh. Fokus otomatis, detail, dan noise semuanya telah sedikit ditingkatkan dalam mode video juga. Sisi negatifnya, panjang fokus efektif kamera ultra lebar; yang dibandingkan dengan kompetitornya tidak terlalu lebar pada Mate 30 Pro; kini telah dikurangi sedikit lebih banyak dengan algoritme anti-distorsi baru.

Secara keseluruhan, perbedaan antara model Mate 30 Pro LTE dan kamera versi 5G tidak terlalu besar, tetapi terlihat jelas. Itulah sebabnya Huawei Mate 30 Pro 5G mendapatkan tempat di puncak peringkat Kamera DXOMARK, dan seharusnya menjadi perangkat pilihan; bagi mereka yang menginginkan yang terbaik dari yang terbaik dalam hal kamera smartphone.

Tags:

One Reply to “Huawei Mate 30 Pro : Review Kamera”

Comments are closed.